Misteri Keberadaan 40 Media Cetak Harian di Tubuh Diskominfo Tanggamus  

oleh -540 views
Ilustrasi-diskominfo

TANGGAMUS (KP),- Sampai saat ini, sebanyak 40 Media Cetak Harian yang bekerjasama di Dinas Kominfo Kabupaten Tanggamus, tidak ditemukan baik di staf Humas maupun di Ruang Sekretariat Dinas Kominfo Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung, Rabu, 22 Juli 2020.

Dalam hal ini, Biro Media Wawainews.id Kabupaten Tanggamus, Sumantri mengatakan, terkait Alokasi Dana Anggaran Tahun 2020 senilai Rp.1.300.000.000 untuk 40 Media Koran Cetak Harian yang telah kerja sama di Dinas Kominfo Kabupaten Tanggamus, itu perlu dipertanyakan. “Sebenarnya media cetak harian apa saja dan nama-nama medianya, yang kerja sama di Dinas Kominfo Kabupaten Tanggamus tersebut” kata Sumantri.

Dan lanjut Sumantri, “Prosedur kerjasama media massa ke Dinas Kominfo ini, madia terverivikasi seperti apa ?, apakah harus terverifikasi dari Dewan Pers atau hanya sebatas legalitas yang berbadan hukum  PT  atau yayasan, dan koprasi,” tambah Sumantri.

Terkait hal itu, Kabid Humas Kominfo Kabupaten Tanggamus, Ismail menyampaikan  bahwa pihaknya telah menjawab surat permohonan informasi tarkait Anggaran Media Massa Tahun Anggaran 2020 dengan jelas.

“Kalau disitu tidak puas jawabannya, kita masih ada tingkat lagi, silahkan itu pertanyakan kalian lagi, sesuai surat yang ada, yang disampaikan kepada kita, sudah kita jawab dengan gamblang, sudah jelas, sudah sesuai dengan permintaan” ucap Ismail.

Ismail juga menegaskan bahwa, untuk mempertanyakan yang lebih detail lagi harus melalui surat permohonan informasi kembali dan tidak bisa hanya melalui statement. “Kemaren kan udah dijawab. Ya silahkan jika mau bertanya lagi, tidak bisa berstatement seperti ini, kitakan organisasi. Kita punya laporan, punya atasan, jadi tidak bisa. Dan saya kan punya atasan, apa yang saya keluarkan harus lapor dulu pada atasan saya,” tegas Ismail.

Mengenai prosedur kerjasama dan media terverifikasi, Ismail menyatakan harus lengkap dan berbadan hukum. “Proposal itu lengkap pak, dengan badan hukumnya, foto copy dan segala macamnya. Kemudian berbentuk diktat, termasuk Pimprednya siapa, itu ada semua disitu dan kita juga tidak sembarangan. Asalkan sudah berbadan hukum, tidak mungkin kita mau cek sampai ke badan hukumnya. Kan tidak mungkin,” pungkas Ismail.



Sementara itu, Bagian Staf Humas Dinas Kominfo Tanggamus, terkait keberadaan fisik dari 40 media cetak harian yang telah bekerja sama di Dinas Kominfo Kabupaten Tanggamus, salah satu staf humas mengarahkan awak media untuk menanyakan ke bagian sekretariat. “Dibagian depan, bagian secretariat,” kata salah satu staf humas kominfo.

Saat ditemui awak media, Staf  Bagian Sekretariat Dinas Kominfo Kabupaten Tanggamus, Resa menyampaikan bahwa belum ada koran yang dikirim dari bagian humas kominfo. “Pak hari ini belum ada koran yang masuk, yang kemaren, saya tidak tahu. Kita kan  kerjanya shif-shifan. Jadi saya tidak tahu jika yang kemaren,” bebernya

Resa menjelaskan mekanisme kedatangan langganan koran harian  di Dinas Kominfo bahwa bagian sekretariat hanya menerima kiriman koran dari bagian Humas lalu kami meneruskan ke bagian lain.

Resa lanjut menjelaskan, “Kalau koran itu datang, mereka ke humas dulu. Sesudah itu baru ke secretariat. Tetapi hari ini belum ada koran yang dikirim kesini, dari bagian humasnya,” jelas Resa Staf Bagian Sekretariat Kominfo Tanggamus. (KP).


Laporan : Arzal

Editor : Riduan


 


Memuat...