Operasi Tim SAR Gabungan Berhasil Temukan Kapal Los Contact

oleh -355 views
Ahmad-Topa-Kapten-KM-Jaya-Makmur-33-bersama-KKM-Tengku-Ersuardy-dan-ABK-nya

ANAMBAS (KP),- Hasil operasi SAR Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau melaporkan bahwa kecelakaan kapal lost contact bernama KM Jaya Makmur 33 diduga mati mesin pada posisi koordinat 00 58′ 12.3″ N – 104 53′ 27.4″ E, +- 3 NM arah tenggara peraiaran Pulau Mapur, Kabupaten Bintan berhasil ditemukan oleh Tim SAR Tanjungpinang.

Kapal yang dinakhodai Ahmad Topa bersama Tengku Ersuardy selaku Kepala Kamar Mesin (KKM), Nursiman Haryadi (Masinis II) dan Muhamad Harapit, (Kelasi) Mukhayin (Kelasi) serta Lukman (Kelasi) tersebut berhasil ditemukan oleh unsur SAR gabungan Basarnas TPI, Polair Polres Bintan, KPLP Tanjung Uban dan TNI AL.

Dalam laporannya, SAR Anambas menyebutkan saat itu, cuaca dalam kedaan cerah berawan. Angin utara bertiup dengan kecepatan 5 – 20 km/jam. Sedangkan ketinggian gelombang diketahui sekitar 0.2 – 1.0 meter. Arus gelombang menuju arah barat 5 – 20 cm/detik.

Berikut kronologisnya, pada pukul 05.00 Wib, KM Jaya Makmur 33 bermuatan material melaksanakan pelayaran dari Tanjungpinang menuju Pulau Bawah Kabupaten Anambas. Tiba di perairan Pulau Mapur, Kabupaten Bintan KM Jaya Makmur  mengalami kerusakan pada selang gearbox.

Setelah di perbaiki kapal kemudian melanjutkan pelayaran selama lebih kurang 1 – 2 jam. Saat itu pemilik kapal masih dapat berkomunikasi dengan crew kapal. Seharusnya kapal tersebut sudah tiba ditujuan pada Tw 1130 pukul 11.00 WIB. Namun hingga waktu perhitungan kapal belum juga sampai ketujuan.

Menurut Efendy Dedy, Personil Tim Rescue RB 209 Tanjungpinang, kapal kargo berbahan kayu dengan GT 96 bernomor registrasi 602/RRD yang membawa muatan jenis material itu ditemukan pada 18 NM arah Tenggara Pulau Numbing, Senin (02/12) sore sekira pukul 15.30 WIB.



“Kapal tersebut mengalami mati mesin dan hanyut. Saat ini sedang diupayakan untuk ditarik ke Pelabuhan Kijang, Kabupaten Bintan,” ujar Efendy, Senin, 02 Desember 2019 malam.

Sebelumnya, Kepala Operasi dan Siaga Basarnas Tanjungpinang, Eko Suprianto mengatakan pihaknya hingga saat ini masih melakukan pencarian terhadap KM Jaya Makmur 33. Kapal membawa material milik PT Pulau Bawah yang kehilangan kontak tersebut menurut Eko berlayar dari Tanjungpinang menuju Pulau Bawah, Kabupaten Kepulauan Anambas.

“Kita sudah menyebar informasi kepada beberapa kapal lain, terkait informasi kapal yang hilang kontak tersebut. Dengan sebaran informasi itu kita berharap jika ada kapal sedang berlayar kemudian menemukan kapal tersebut, kiranya dapat memberikan pertolongan dan segera melaporkannya,” kata Eko, Senin 02 Desember 2019 siang. (KP).


Laporan : Azmi Aneka Putra



Memuat...