Sekda Lingga Apresiasi Kinerja Bakesbangpol Jelang Pesta Demokrasi

oleh -51 views

LINGGA (KP),- Pemerintah Kabupaten Lingga melaui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Lingga kembali menggelar sarasehan antar etnis. Kali ini acara  berlangsung di halaman depan kantor Bakesbangpol Lingga, Daik, Kecamatan Lingga, Kamis (7/1/2019) pagi.

Hadir pada kesempatan itu, Sekda Kabupaten Lingga Juramadi Esram, Kepala Bakesbangpol Lingga, Armia, Ketua LAM Lingga Datok Ishak, Indra mewakili Kasatpol PP Lingga, Perwira penghubung (Papung) Kodim 0315 Bintan I Putu Suparna, dan Kabid Kesbang Darmawan.

Suasana santai kegiatan sarasehan masih menjelaskan Ancaman Tantangan Hambatan Gangguan (ATHG) Pileg dan Pilpres April mendatang. Penjelasan mengantisipasi hal yang tidak diinginkan terjadi, pihak Kesbangpol Lingga mengajak serta peran masyarakat ikut berpartisipasi menciptakan suasana yang kondusif.

“Mari kita semua bersama menciptakan atau menjaga agar lingkungan di masyarakat Kabupaten Lingga aman dan kondusif,” kata Armia, yang juga sebagai moderator dalam kegiatan tersebut. Ia juga memaparkan secara jelas dan tegas serta berharap saran maupun masukan dari masyarakat dapat mewujudkan selalu ketertiban, keamanan di Bunda Tanah Melayu.

Kegiatan sosialisasi yang diselenggarakan oleh Bakesbangpol di 13 kecamatan tersebut mendapat apresiasi dari seluruh tamu undangan maupun narasumber, termasuk Pemkab Lingga diwakili oleh Sekda Lingga Juramadi Esram.

“Alhamdulillah kita berjumpa lagi dengan Pak Haji Armia yang memfasilitasi kegiatan sosialisasi ini untuk menyatukan pemahaman kita bersama. Insya Allah kegiatan ini akan dilakukan di tiga belas kecamatan,” kata pria yang akrab di sapa Esram pada kesempatan sosialisasi tersebut.

Ditambahkan Esram, kedepan Indonesia akan mengalami sebuah peristiwa besar, yakni pemillihan Pilpres dan Pileg yang akan diselenggarakan serentak diseluruh wilayah daaerah yang ada di Indonesia.

“Ini peristiwa besar,” ujar Esram terlihat semangat. Ia pun berharap agar seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Lingga dapat memahami proses pemilu yang tak lama lagi segera berlangsung pada April mendatang. “Jangan asal coblos, karena kita akan mendapat lima kartu sekaligus,” imbuh Esram.

Sesi tanya jawab pun berlangsung, para tamu undangan diberikan kesempatan untuk menyampaikan saran dan masukan yang nantinya akan ditanggapi dan dibahas oleh Bupati Lingga Alias Wello. “Setiap tanggapan dan masukan akan ditampung kemudian akan kita sampaikan seluruhnya kepada Bupati,” sambung Kabid Kesbang Darmawan.

Kiat maupun hal yang dicanangkan Pemerintah Kabupaten Lingga Provinsi Kepri melalui Bakesbangpol demi menciptakan dan menjaga keamanan jelang Pileg dan Pilpres sepenuhnya mendapat dukungan. Tak luput, kegiatan sarasehan dihadiri oleh sejumlah tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, pengurus FKUB, FPK, FKDM se-Kecamatan Lingga, pihak Kelurahan Daik Lingga, para Kepala Desa bersama peserta yang berjumlah lebih kurang 100 orang. (Simarmata).