Sempat Tertunda, Puskesmas Sedanau Sukseskan Lokmin Lintas Sektoral Tribulanan Kedua

oleh -478 views
Camat-Bunguran-Barat-Tri-Didik-Sisworo-S.STP-menyampaikan-sambutan

SEDANAU (KP),- Puskesmas Sedanau, Kecamatan Bunguran Barat, Kabupaten Natuna Provinsi Kepulauan Riau mengadakan Lokakarya Mini (Lokmin) Lintas Sektoral Tribulanan Kedua dengan tema Sosialisasi New Normal dan Sosialisasi BPJS Kesehatan.

Acara tersebut dipimpin lansung oleh Camat Bunguran Barat, Tri Didik Sisworo, S. STP. “Bismillahirrahmannirrahim Lokakarya Mini Lintas Sektoral Tribulanan Kedua resmi dibuka,” kata Tri Didik di Gedung Serbaguna Kecamatan Bunguran Barat, Kamis 23 Juli 2020.

Lokmin Lintas Sektoral Tribulanan merupakan kegiatan rutin empat kali dalam satu tahun di kecamatan. “ Yang pertama Januari-Maret, kedua April-Juni, ketiga Juli-September, dan keempat Oktober-Desember,” jelas Tri Didik.

Sejalan dengan itu, Kepala Puskesmas Sedanau, S. Satar, AMK dalam kata sambutannya menyebutkan Lokmin Sektoral Tribulanan Kedua sempat tertunda karena masa pandemi Covid-19. “Yang seharusnya lokakarya ini diadakan bulan April kemarin, mengingat dalam suasana Covid-19 jadi baru sekarang bisa dilaksanakan,” pungkasnya.

Menurut Satar, pemilihan tema New Normal atau adaptasi kehidupan baru dikarenakan Covid-19 dikatakan masih belum bisa diatasi. “Untuk antivasi terpaparnya virus yang mematikan itu maka harus melakukan adaptasi kehidupan baru,” ujarnya.

Sementara lanjut Satar, vaksin untuk pencegahan Covid-19 belum ada di Indonesia. “Memang di negara-negara asing sudah ditemukan, untuk bisa dilaksanakan di Indonesia butuh waktu. Di Indonesia sudah masuk vaksin dari negara China tapi masih dalam tahapan uji coba dan membutuhkan waktu paling kurang lima bulan. jadi diperkirakan vaksin itu tersedia pada pertengahan atau awal tahun 2021 mudah-mudahan,” katanya.



Kemudian pemilihan tema Sosialisasi BPJS Kesehatan menurut Satar dikarenakan belum semua masyarakat memahami seluruhnya mengenai BPJS . “Untuk Sosialisasi New Normal disampaikan oleh Kabid Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna, Hikmat Aliansyah. Dan untuk Sosialisasi BPJS Kesehatan disampaikan oleh Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Natuna, Israd Akbar, S. Kep. MH,” terangnya.

Turut hadir Ketua PKK Kecamatan Bunguran Barat, Ketua PKK Kelurahan Sedanau, KUA Bunguran Barat, Kapolsek, Danramil, Danposal, Kepala Sekolah MTsN Bunguran Barat, Kepala Sekolah SMPN Bunguran Barat, UKSPF Kecamatan Bunguran Barat, para Kader Posyandu Lansia, Balita dan Posbindu, Ketua RW dan Kaling, Kades Binjai, Kades Pian Tengah, Kades Mekar Jaya dan Kades Selaut. (KP).


Laporan : Riduan / Johan


 


Memuat...