Tidak Hanya Sekedar Singgah, Kunker Menteri Diharapkan Berbuah

0
121
Ronny-Kambey-Ketua-LSM-FORMIS-Natuna-dan-Fadillah-Ketua-Harian-HKS-Kabupaten-Natuna-Provinsi-Kepri

Natuna, (KP), – Masyarakat Kabupaten Natuna Provinsi Kepri berharap kehadiran Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Republik Indonesia, Rudiantara, S.Stat, MBA pada Senin, (26/03) kemarin, dapat memberi warna baru bagi dunia telekomunikasi. Salah satu perubahan yang menjadi dambaan masyarakat perbatasan ujung utara NKRI atas kunjungan menteri tersebut, adalah tersebarnya jaringan internet disetiap pelosok daerah secara nyata. Tidak hanya sekedar singgah, tetapi harus berbuah sehingga hasilnya bisa dinikmati oleh masyarakat. Pernyataan ini disampaikan oleh Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Forum Masyarakat Miskin (FORMIS) Kabupaten Natuna, Ronny Kambey kepada Koran Perbatasan Selasa, (27/03) di Warkop Ayong Ranai.

Selain Ronny Kambey, permintaan serupa juga disampaikan oleh Ketua Harian Himpunan Keluarga Serasan (HKS) Ranai Kabupaten Natuna, Fadillah. Melalui Koran Perbatasan, Fadillah berharap agar apa yang telah direncanakan oleh Rudiantara terkait kunjungannya ke daerah perbatasan segera terealisasi. “  Saya berharap jaringan telekom tersebar disetiap kecamatan. Biar kesannya tidak disebut hanya sekedar datang ke Natuna. Karena sudah terlalu banyak petinggi negara berkunjung kesini, daerah lain berfikiran Natuna maju, karena dianggap mendapat perhatian khusus dari Pemerintah Pusat. Jadi masaalah jaringan ini, memang sudah harus terealisasi disetiap kecamatan, “ pinta Fadillah.

Menteri-Kominfo-RI-Rudiantara-S.Stat_.-MBA-dan-Bupati-Kabupaten-Natuna-Drs.-H.-Abdul-Hamid-Rizal-M.Si saat berada di NOC Palapa Ring Barat Natuna

Dalam sebuah rangkaian acara, yang bertempat di Network Operations Centre (NOC) Palapa Ring Barat, Keluarahan Bandarsyah Kecamatan Bunguran Timur Kabupaten Natuna. Menkominfo, Rudiantara, S.Stat, MBA menyebutkan, Palapa Ring Barat di Natuna sudah beroperasi tepat waktu. “ Fasilitas berupa WiFi geratis kita berikan disekitar Palapa Ring Barat ini, selebihnya tergantung perusahaan telekomunikasi dan Pemda Natuna. Karena kita sudah berikan fasilitas, dan harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Seluruh wilayah Natuna sudah harus terkoneksi internet, ” ujar Rudiantara.

Menurutnya, ada sekitar 9.000 dari 70.000 desa yang tersebar diseluruh Indonesia, masih belum tersentuh jaringan internet. Karena itu, awal tahun 2022 nanti seluruh sekolah, dan tempat layanan kesehatan, juga perkantoran desa sudah harus menggunakan layanan internet, guna mengakses data sekaligus memproses administrasi. “ Saya ingin, seluruh sekolah, puskesmas dan kantor desa, harus sudah terkoneksi oleh internet. Nanti, jika ada orang sakit, mereka langsung saja ke Puskesmas atau ke Rumah Sakit, tidak harus mengurus administrasinya dulu, kelamaan. Administrasinya bisa langsung dilakukan melalui layanan internet. Kami juga akan membangun internet berkecepatan tinggi disetiap sekolah, “ tutur Rudiantara.

Kata sang menteri, Palapa Ring dibangun guna mewujudkan eksistensi negara dalam melayani rakyat. “ Oleh karenanya, melalui kunjungan kerja ini, besar harapan kami agar kedepan segala program yang diusulkan dengan maksud dan tujuan untuk mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan serta pelayanan prima, dapat terealisasi secara maksimal, ” imbuh Rudiantara.

Pada kesempatan itu, Bupati Kabupaten Natuna Drs. H. Abdul Hamid Rizal, M.Si menyebutkan, telekomunikasi merupakan bagian terpenting, karena semakin dibutuhkan oleh masyarakat. Seperti, tersedianya akses internet sekolah, puskesmas dan desa.  “ Semoga dengan lancarnya jaringan komunikasi diwilayah perbatasan, terutama di Kabupaten Natuna, bisa mendorong Natuna agar lebih cepat maju. Karena komunikasi berbasis internet merupakan salah satu cara mempercepat kemajuan di daerah, “ sebut Hamid.

Sebelumnnya, kedatangan Menkominfo beserta rombongan disambut oleh Bupati Natuna Drs. H. Abdul Hamid Rizal, M.Si dan Ketua DPRD Natuna Yusripandi bersama sejumlah Pimpinan OPD. Rombongan yang tiba di Bandara Raden Sadjat Ranai sekitar pukul satu siang, menggunakan pesawat milik TNI AU jenis CN 2908 tersebut, juga disambut oleh sejumlah Pimpinan FKPD diantaranya terlihat Danlanal Ranai Letkol Laut (P) Harry Setyawan, Danramil Ranai Mayor Inf. Hendra, Kapolres Natuna AKBP Nugroho Dwi Karyanto, dan Kajari Ranai Juli Isnur SH.MH. Bersama sejumlah tokoh masyarakat, rombongan menteri langsung menuju ruang VIP Bandara Ranai. (***).

Laporan : Amran

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here