Uniknya Taman Kima di Laut Kepri

oleh -282 views

Penulis : Digita Karvalena Erwadi

Prodi : Ilmu Kelautan

Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan


Nim : 170254241017


KIMA merupakan biota laut bivalvia atau hewan yang mirip dengan kerang, karena memiliki sepasang cangkang yang sama besar namun berukuran lebih besar dibandingkan dengan kerang yang biasa kita ketemui. Kima dengan nama ilmiah Hippopus sp, adalah salah satu hewan laut yang sangat dilindungi sepenuhnya karena memiliki kemampuan reproduksi yang sangat rendah.

Menyadari hal tersebut Bapak Sukarno serta timnya membuat tempat pengumpulan kima yang bernama Taman Kima bertempat di Teluk Bakau Kabupaten Bintan. Bapak Sukarno atau biasa disapa dengan nama Pak Karno ini merupakan seseorang yang memiliki jasa wisata yang bernama Bintan Nemo yang dimana Pak Karno Memiliki kelong sebagai tempat penginapan para wisatawan Bintan Nemo dan Taman Kima tersbut terletak di sekitaran kelong tersebut.



Kima dengan fungsi ekologi sebagai penyaring air laut. Sehingga air laut terlihat lebih jernih membuat Pak Karno menjadi lebih tertarik untuk menjaga kima. “ Saya udah menyelam kebanyak tempat dan tempat yang ada kima-nya itu emang airnya lebih jernih dibandingkan dengan tempat yang gak ada kima,” kata Pak Karno.

Kima yang berada di Taman Kima berasal dari berbagai tempat yang dimana ketika Pak Karno melihat kima yang menurutnya mudah digapai oleh masyarakat, maka akan diadopsinya dan dibawa ke Taman Kima.

Sekarang jumlah kima yang berada di Taman Kima sudah lebih dari 400 ekor dan kima-kima ini jika menurut Pak Karno sudah layak untuk dipindahkan maka kima-kima akan disebarkan kebeberapa tempat yang aman dan jauh dari gapaian masyarakat. (KP).


Kiriman Pembaca koranperbatasan.com Senin, 16 Desember 2019


 


Memuat...