Apa Itu Makna Dari Perjuangan?

oleh -1.278 views

Oleh : Alfiandry. S. I. Kom


 “ Bangunlah karakter kalian menjadi pribadi yang solid, militan, disiplin, pantang menyerah dimana-pun kalian bekarya pasti maju “


MENARIK memang, kata-kata ini selalu muncul di dalam kehidupan kita. Baik secara tertulis maupun dalam bentuk perkataan. Menariknya dalam makna kata perjuangan selalu dilekatkan kepada  perbuatan yang baik atau maksud yang baik-baik.

Di era sebelum kemerdekaan kata perjuangan selalu didengungkan untuk membangkitkan semangat perjuangan melawan penjajah. Berlanjut pasca kemerdekaan, kata perjuangan disematkan untuk menjaga juga memperluas serta memperkuat kokohnya kemerdekaan.

Di orde baru, kata perjuangan digunakan untuk menjaga kekuasaan, bahkan untuk reformasi. Pasca reformasi kata perjuangan masih selalu menarik dan sempat menjadi kata-kata yang sangat primadona. Sayangnya makna kata perjuangan seolah-olah digunakan untuk menjadi pengaman atau merek saja, karena di penuhi dengan kemunafikan.

Namun kali ini saya ingin mengajak sahabat-sahabat semua kembali menggaungkan kata perjuangan. Manjadikan perjuangan ini lebih mulia. Perjuangan kita khususnya untuk merebut dan memenangkan belumlah begitu berat. Apabila kita tidak berjuang secara bersama-sama tentu semuanya akan menjadi sia-sia.

Yang lebih berat adalah menjaga dan membuat perjuangan ini selalu berada di jalan kebenaran atau berjihad. Karena hanya itulah makna yang sesungguhnya dari sebuah kata perjuangan. Agar kita semua menemukan kepuasan dan mendapatkan hasil dari perjuangan itu sendiri. (***).




Tulisan Pembaca Koran Perbatasan, 22 Januari 2019



Memuat...