Umat Muslim Perumahan MMR Berinfaq Gelar Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1444 Hijriyah

Terbit: oleh -29 Dilihat
Suasana pembacaan ayat suci al quran pada peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW di Musholla Anshorul Haq Perumahan MMR Tanjungpinang, 17 Februari 2023.

TANJUNGPINANG – Bagi Muslim, wajib mengimani peristiwa Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW yang telah disebutkan dalam Al-Quran, yakni Surat Al-Isra ayat 1 dan Surat An-Najm ayat 13-18. Peristiwa dahsyat itu terjadi pada 27 Rajab di tahun kedelapan kenabian.

Berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) Tiga Menteri Nomor 3 Tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2023, Isra Miraj termasuk hari libur nasional. Tahun ini, warga Perumahan Mega Mas Residence (MMR) memperingati Isra Miraj 1444 Hijriyah pada Jum’at, 17 Februari 2023.

Umat Muslim Perumahan MMR memperingati peristiwa perjalanan di tengah malam yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW secara jasmani-rohani dari Masjidil Haram ke Masjidil-Aqsha, dilanjutkan menembus langit ke tujuh hingga ke tempat yang paling tinggi, yaitu Sidratul Muntaha ini, usai melaksanakan shalat fardhu isya’ berjama’ah di Musholla Anshorul Haq MMR, Jalan Sungai Timun, Kota Tanjungpinang.

Tamu undangan yang hadir diantaranya, Anggota DPRD Provinsi Kepri, H. Lis Darmansyah, SH, Camat Tanjungpinang Timur, Lurah Air Raja, Kasi Pelayan Kelurahan Tanjungpinang Timur, KUA Tanjungpinang Timur, di panggung utama halaman depan Musholla Anshorul Haq MMR.

Ketua Musholla Anshorul Haq MMR, Tanjungpinang, Romdhon Kholili, menyebutkan  warga Perumahan MMR dapat memperingati peristiwa perjalanan suci Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa, hingga naik ke Sidratul Muntaha di langit ke tujuh dalam satu malam ini, berkat adanya kerjasama antara warga perumahan dengan Ketua Perumahan MMR, dan para Pengurus Musholla Anshorul Haq MMR, serta Ibu-ibu Majelis Ta’lim MMR.

Kata Romdhon, selain menghadirkan penceramah KH. M. Sya’roni. Warga Perumahan MMR juga memeriahkan peringatan perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa dalam waktu satu malam dan turunnya perintah shalat 5 waktu ini, dengan lantunan sholawat yang dipersembahkan oleh Grup Hadroh Pondok Pesantren Majelis Sholawat Barik Lana Bintan.

“Teknis kegiatan dilaksanakan di halaman musholla menggunakan tenda dan panggung. Biaya kami peroleh dari infaq warga MMR yang dijemput dengan teknis keliling door to door oleh para pengurus, ada juga warga langsung datang mengantar sendiri ke pengurus,” terang Romdhon, kepada koranperbatasan.com Jum’at 17 Februari 2023 malam.

Anggota DPRD Provinsi Kepri, H. Lis Darmansyah, SH, menyampaikan sambutan pada peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1444 Hijriyah di  Musholla Anshorul Haq MMR, Jum’at 17 Februari 2023.

Sebagai Ketua Musholla Anshorul Haq MMR, Romdhan pun mengucapkan terima kasih kepada warga Perumahan MMR yang telah bergotong royong mempersiapkan segala kebutuhan untuk kelancaran acara Isra’ Mi’raj.

“Terima kasih kepada warga semua, dan para donatur yang telah membantu pembangunan musholla dan alhamdulillah pada malam hari ini kita mendapat kabar ada bantuan semen untuk lanjutan plester lantai dua,” tutupnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1444 Hijriyah, Selamet, memastikan jauh hari sebelumnya, para pengurus Musholla Anshorul Haq MMR, dan Ketua Perumahan MMR, serta Ibu-ibu Majelis Ta’lim, telah mengadakan rapat membahas tentang kesiapan kegiatan peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW di Perumahan MMR.

“Hasil kesepakatan pengurus, konsumsi seperti makanan ringan, kue-kue, dan air mineral berasal dari bantuan warga Perumahan MMR. Kemudian ada juga warga yang secara pribadi bersedekah makanan, buah-buahan, dan minuman tertentu,” tutur Selamet.

Ketua Perumahan MMR, Lukman Haris (baju putih) bersama beberapa warga Perumahan MMR tampak sedang mengikuti ceramah agama yang disampaikan oleh Ustad KH. M. Sya’roni.

Terpisah, Ketua Perumahan MMR, Lukman Haris berharap semoga dengan peringatan Isra’ Mi’raj ini, warga Perumahan MMR dapat semakin meningkatkan rasa kebersamaan, kerukunan, perdamaian dan keramahan dalam keberagaman.

“Mari kita ciptakan kehidupan antar umat beragama yang harmonis, penuh toleransi dan kasih sayang, serta menjunjung tinggi kesucian manusia yang wajib dilindungi,” ujar Lukman.

Menurut Lukman, peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW sangatlah baik, karena dengan diadakan acara tersebut, warga Perumahan MMR sekaligus dapat meningkatakan hubungan silaturahmi.

“Sekaligus silaturahmi antar warga perumahan dan warga di luar perumahan, dan saya berharap kedepan acara-acara keagamaan seperti ini, bisa terus berlanjut setiap tahunnya, karena sangat membawa dampak positif bagi kita semua,” harap Lukman.

Beberapa warga Perumahan MMR dan para Pengurus Musholla Anshorul Haq MMR bersilaturahmi disela-sela jalannya acara memperingati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1443 Hijriyah, Jum’at 17 Februari 2023.

Sementara Camat Tanjungpinang Timur, Hapausan yang juga hadir bersama Lurah Air Raja, Sudarman dalam sambutannya menyebutka esensi dari Isra’ Mi’raj diharapkan dapat merubah kita semua dari kebiasaan yang tidak baik menjadi lebih baik, dengan cara menegakan sholat lima waktu.

“Mari tunjukan rasa takut kita kepada Allah SWT, jangan sampai kegiatan yang setiap tahun kita adakan ini hanya sebatas seremoni saja, dan mari kita bimbing anak-anak agar menjadi generasi yang qurani,” ajak Hapausan.

Hapausan pun berpesan kepada warga Perumahan MMR Tanjungpinang agar dapat menyampaikan kepada pihaknya jika terdapat sesuatu yang perlu campur tangan Pemerintah Kota Tanjungpinang.

“Kalau ada masalah yang perlu pememrintah hadir, tolong sampaikan kepada kami, untuk kita carikan solusi bersama, semoga silaturahmi dan rasa cinta kita menjadi semakin tumbuh,” imbuhnya.

Diakhir acara, Ustad KH. M. Sya’roni dalam tausiyahnya memastikan kegiatan yang setiap tahun diperingati oleh Umat Islam ini memiliki keistimewaan perintah sholat. Katanya, perintah sholat berbeda dengan perintah-perintah ibadah yang lain, karena Nabi Muhammad SAW langsung dipanggil menghadap Allah SWT.

Ustad KH. M. Sya’roni bersama para santri Grup Hadroh Pondok Pesantren Majelis Sholawat Barik Lana Bintan melantunkan shalawat pada peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW di Musholla Anshorul Haq MMR Tanjungpinang.

“Kalau yang lain melalui malaikat, misalnya perintah puasa. Kalau puasa boleh kita tinggalkan, nanti kita ganti, kemudian berhaji bagi yang mampu, zakat juga bagi yang mampu. Tapi tidak dengan perintah sholat. Sholat wajib hukumnya bagi kita, tindak ada alasan bagi umat Nabi Muhammad untuk meninggalkan sholat, meskipun kita sedang sakit,” terang Ustad Sya’roni.

Ustad Sya’roni berharap mudahan warga yang hadir malam ini mendapatkan hidayah dari Allah SWT. Dimana yang tadinya tidak pernah melakukan sholat, dan masih malas dengan sholat, setelah ini berubah menjadi rajin sholat.

“Momentum peringatan Isra Miraj ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas diri dan amaliyah serta ibadah kepada Allah SWT. Terutama yang berhubungan dengan peningkatan kualitas sholat kita khususnya dan kualitas ibadah secara keseluruhan,” urainya.

Acara yang dihadiri oleh Anggota DPRD Provinsi Kepri, H. Lis Darmansyah, SH, Walikota Tanjungpinang dalam hal ini diwakili Camat Tanjungpinang Timur, Lurah Air Raja, Kasi Pelayan Kelurahan Tanjungpinang Timur, KUA Tanjungpinang Timur, dan Donatur Bunda Hj. Caskinih, Pengurus Musholla Anshorul Haq MMR, dan Ibu-ibu Majelis Ta’lim, serta warga sekitar, diakhiri dengan bermaaf-maafan dan poto bersama. (KP).


Laporan : Denny Jebat


 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *