Hiu Goblin

oleh -368 views
Azura-Marlina

Penulis : Azura Marlina

Jurusan : Budidaya Perairan

Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan


HIU GOBLIN (Mitsukurina Owstoni) adalah spesies hiu laut yang cukup langka yang kurang dipahami (kadang-kadang disebut fosil hidup). Jenis ini adalah satu-satunya yang bertahan mewakili keluarga mitsukurinidae, yang sudah ada sejak 125 juta tahun lalu.

Hewan berkulit merah muda ini memiliki profil ciri yang khas dengan moncong pipih memanjang dan rahang yang sangat protrusible yang mengandung gigi seperti kuku yang dapat menonjol keluar.

Panjang hiu ini antara 3-4 meter (10-13 kaki) ketika dewasa dan dapat tumbuh jauh lebih besar. Hiu Goblin mendiami lereng atas benua, lembah bawah laut, dan gunung laut di seluruh dunia pada kedalaman lebih dari 100 meter (330 ft) dengan spesimen dewasa yang ditemukan lebih dalam daripada spesimen remaja.



Hiu Goblin suka memburu ikan teleost, cumi, dan krustasea baik yang ada di dekat dasar laut atau di tengah laut. Di perairan Indonesia, disebut dalam sebuah data terdapat 221 jenis satwa laut bertulang lunak. Jumlah ini bertambah lagi setelah baru-baru ini ditemukan Hiu Goblin. Sekelompok nelayan menangkap dengan tidak sengaja empat ekor Hiu Goblin di perairan Aceh Jaya, Nanggroe Aceh Darussalam, Kamis (4/4/2019).

Tertangkapnya Hiu Goblin menjadi catatan pertama kali ditemukannya Hiu Goblin di perairan Indonesia. Sedangkan peneliti pada pusat riset perikanan BRSDM KP Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP), mengatakan Hiu Goblin tercatat pernah tertangkap oleh nelayan di Pelabuhan Ratu, Jawa Barat 2002. (KP).


Kiriman Pembaca koranperbatasan.com Senin, 16 Desember 2019


 


Memuat...