Olahan Tulang Ikan Untuk Memenuhi Kalsium Dalam Tubuh Manusia

oleh -1.431 views
Yasir-Abdillah

Penulis : Yasir Abdillah

Jurusan : Sosial Ekonomi Perikanan

Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan


BANYAKNYA nelayan yang menangkap ikan, meningkatkan jumlah pesanan usaha produksi ikan terus meningkat dan bertambah. Dengan adanya usaha produksi ikan tentu menyebabkan banyak limbah tulang ikan yang dibuang, baik di perairan ataupun di darat.

Tentu dapat diketahui ikan merupakan salah satu, hewan yang hidup di perairan, baik perairan asin dan tawar. Ikan merupakan hewan yang memiliki banyak kandungan yang bagus untuk tubuh manusia, karena dalam ikan, memiliki kandungan gizi yang sangat banyak yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Kandungan yang terdapat pada ikan, diantaranya, Omega 3, serat protein, kaya akan asam amino, Vitamin A, Vitamin D, Vitamin B6, Vitamin B12, Zat Besi.

Dengan adanya manfaat dari kandungan gizi yang baik pada ikan, menyebabkan ikan merupakan hewan yang bagus untuk dikonsumsi oleh manusia. Akan tetapi banyak masyarakat yang tidak tahu bahwa pada tulang ikan terdapat kalsium untuk tulang, apa lagi dalam pertumbuhan terlebih khusus anak kecil. Mengkonsumsi tulang ikan tidak dengan secara langsung, harus melalui tahap olahan yang dilakukan sebelum konsumsi tulang ikan.



Tahapan untuk mengkonsumsi tulang ikan, yaitu adanya perebusan tulang ikan yang bertujuan untuk menghilangkan bakteri dan bau amis yang terdapat pada tulang ikan, setelah dalam proses perebusan kemudian tulang ikan dikeringkan. Lalu tulang ikan akan ditumbuk sampai halus hingga menjadi seperti terigu. Kemudian dicampurkan kedalam pembuatan adonan. Contohnya seperti pembuatan kerupuk tulang ikan dan halusan tulang ikan ini dapat dicampurkan ke adonan lain. (KP).


Kiriman Pembaca koranperbatasan.com Kamis, 26 Desember 2019


 


Memuat...