Pimpinan Definitif Wakil Rakyat Anambas Resmi Dilantik  

oleh -135 views
Suasana-pelantikan-unsur-pimpinan-definitif-DPRD-Kabupaten-Kepulauan-Anambas-Provinsi-Kepri-periode-2019-2024

ANAMBAS (KP),- Unsur pimpinan definitif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Anambas (Anambas) Provinsi Kepri periode 2019-2024 resmi dilantik. Asnidar, politikus Fraksi PPP Plus resmi dinyatakan sebagai perempuan pertama jabat pucuk pimpinan parlemen.

Pimpinan sementara DPRD Anambas, Imran yang mengawali prosesi pengucapan sumpah janji pimpinan menyatakan selamat datang kepada seluruh tamu undangan atas kesudiannya menghadiri rapat paripurna yang berlangsung hari ini Kamis, 17 Oktober 2019. “Kami ucapkan selamat datang kepada seluruh tamu undangan dan terima kasih atas kesediaan bapak/ibu hadirin sekalian telah menghadiri prosesi pelantikan pimpinan DPRD depenitif,” ucap Imran.

Dalam laporannya, Imran menjelaskan agenda kegiatan yang sudah berjalan adalah pembentukan fraksi-fraksi. “Fraksi-fraksi yang sudah terbentuk ada 5 yaitu, 1. Fraksi PPP Plus (gabungan PPP dan Demokrat). 2. Fraksi PDI Perjuangan (gabungan PDIP dan Hanura). 3. Fraksi KIR (Karya Indonesia Raya) gabungan Golkar dan Gerindra). 4. Fraksi BNI (Bintang Nasional Indonesia) gabung PBB, Nasdem dan Perindo). 5. Fraksi PAN (Partai Amanat Nasional),” terang Imran.

Pengambilan sumpah janji pimpinan legislatif yang berlangsung di ruang sidang paripurna DPRD Anambas Lantai I sekitar pukul 10.00 WIB itu dilakukan oleh Ketua Pengadilan Negeri Ranai, Sahat Saut Parulian Banjarnahor, SH,MH. Saat itu, Asnidar dilantik bersama dua Wakil Ketua, yakni Wakil Ketua I, Syamsil Umri dari PDI-P, Wakil Ketua II Firdiansyah dari PAN.

Asnidar ketua terpilih, memastikan sebelumnya pimpinan DPRD Anambas hanya dijabat oleh laki-laki. Dari 20 anggota DPRD Anambas periode 2019-2024, terdapat tiga diantaranya perempuan termasuk dirinya. “Tentu ini merupakan kebahagiaan tersendiri sejarah warga Anambas memilih perempuan yang akhirnya menjadi Ketua DPRD,” tutur Asnidar.

Sebagai ketua terpilih, Asnidar mengatakan akan membantu memperjuangkan aspirasi rakyat Anambas. Asnidar juga akan berupaya meminimalkan tindakan kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Mewakili (Plt) Gubernur Provinsi Kepri, Asisten I Drs. H. Raja Ariza, MM dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada pimpinan sementara yang telah menjalankan tugas dengan membentuk unsur pimpinan depenitif. “Kami ucapkan selamat bertugas kepada unsur pimpinan depenitif yang baru dilantik sebagai pimpinan depenitif DPRD Anambas periode 2019-2024,” ujarnya.

Prosesi pengucapan sumpah janji pimpinan DPRD Anambas tersebut dihadiri oleh Asisten I Provinsi Kepri, Drs. H. Raja Ariza, MM, (Plh) Bupati Anambas, Wan Zuhendra, Kapolres Anambas, perwakilan Lanal Tarempa, Danramil Tarempa, perwakilan Capjari Tarempa, pimpinanan Parpol, Ormas, tokoh agama, tokoh masyarakat dan seluruh anggota DPRD beserta tamu undangan. (KP).


Pewarta : Azmi Aneka Putra