Profil Zulkifli Zaini, Dirut Baru PLN

oleh -333 views
Zulkifli Zaini (Foto: Kumparan.com)

JAKARTA (KP)Menteri BUMN Erick Thohir hari ini resmi menunjuk Zulkifli Zaini sebagai Direktur Utama PT PLN (Persero). Selain itu, Amien Sunaryadi juga dipercaya sebagai Komisaris Utama PLN

Pengesahan keduanya bakal dilakukan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT PLN (Persero) sore nanti di Kementerian BUMN. Sebelumnya, PLN masih dipimpin oleh Pelaksana Tugas (Plt) yaitu Sripeni Inten Cahyani.

“Baik Pak Amien maupun Pak Zulkifli memiliki rekam jejak yang sangat baik, siap berkeringat dan berakhlak. Sama dengan Dirut dan Komut BUMN lainnya. Saya akan intens bertemu secara reguler setiap bulan untuk memastikan berbagai rencana besar yang menjadi prioritas Pemerintah,“ ucap Erick dalam keterangan tertulis, Senin (23/12).

Zulkifli lahir di Bukittinggi, Sumatera Barat pada 13 Januari 1956. Ia menamatkan gelar sarjananya di Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 1980 dan gelar MBA di Washington University’s Olin Business School pada 1994.

Zulkifli saat ini merupakan Dewan Pengawas Indonesian Bankers Association (IBI) dan Komisaris Independen PT Bank Permata Tbk.

Dia juga pernah menjabat sebagai Direktur Utama Bank Mandiri dari 2010 hingga 2013, menggantikan Agus Martowardojo yang saat itu diangkat menjadi Menteri Keuangan RI.

Zulkifli juga pernah menjabat sebagai Komisaris di PLN pada 2013 hingga 2015, serta sebagai Komisaris Independen di PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk pada 2015-2016.



 

 


Sumber: KUMPARAN.COM/Nicha Muslimawati


 


Memuat...