Nanda Darius, Pamong Budaya Perdana di BPNB Kepri

oleh -208 views
Nanda-Darius-S.Sn

Nanda Darius S.Sn telah mencetak sejarah baru sebagai pamong budaya pertama di Balai Pelestarian Nilai Budaya Kepri.  Nanda Darius telah  dilantik oleh Dirjen Kebudayaan, Kemdikbud, Hilmar Farid, melalui cara daring, Kamis, 14 Juni 2020.

Alumni Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Bandung, ini telah menduduki jabatan fungsional sebagai pamong budaya pertama bidang kesenian dan telah ditugaskan oleh pemerintah pusat di Provinsi Kepri.

Sehari-harinya sebelum bekerja di BPNB Kepri, Nanda sudah melalang buana mengarungi hidup di dunia kesenian dan aktif juga dalam dunia teater serta tari. Sejumlah karya telah Nanda dipentaskannya sebagai sutradara.

Selain itu, Nanda juga menciptakan sejumlah tarian. Kelebihannya adalah mampu memahami kesenian Jawa dan Sunda secara baik. Pria berdarah Jawa itu, memahami budaya Sunda karena dibesarkan  di Bandung.

Sejak bekerja di BPNB Kepri tahun 2015, Nanda juga menggarap sejumlah pertunjukkan yang dibuat BPNB Kepri. Ada pertunjukkan teater Jebat Menggugat dan Opera Van Town.

Kepiawaiannya menggarap dua pagelaran ini bekerjasama dengan sastrawan, Ary Sastra membuat namanya dikenal dikalangan dunia teater dan tari Tanjungpinang. Tak heran belakangan Nanda sering ditunjuk sebagai juri dalam acara pagelaran tari dan teater di Tanjungpinang. Selamat untuk Nanda.

Dan ketika ditanya apakah susah mempelajari seni dan budaya melayu di Kepri, Dengan santai Nanda mengatakan, “bahwa tidak sulit apa bila semua pekerjaan yang di lakoni dengan rasa cinta terhadap seni dan budaya lokal seperti melayu ini” ungkapnya pada media  di Kantor BPNB Kepri, Senin, 20 Juli 2020. (KP/Aman).




Kontributor : BPNB Kepri



Memuat...