Desain Ibu Kota Baru Pilihan Jokowi

oleh -457 views
(Foto: Kumparan.com)

JAKARTA (KP) – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengumumkan pemenang sayembara desain Ibu Kota Negara (IKN) baru‎. Desain itu akan dipakai sebagai dasar Detail Engineering Design (DED) ibu kota baru.

Desain “Nagara Rimba Nusa” terpilih sebagai Juara I. Pembuatnya adalah Urban+. Desain “The Infinite City” terpilih menjadi juara II dan desain “Kota Seribu Galur” sebagai juara III. Presiden Joko Widodo pun mengapresiasi mereka.

 

Desain Nagara Rimba Nusa yang memenangkan Sayembara Desain Ibu Kota Baru. (Foto: Kumparan.com/Resya Firmansyah)

 

“Dengan terpilihnya para pemenang sayembara desain ibu kota negara, kita telah memiliki bayangan tentang bagaimana rupa ibu kota kita sekian tahun mendatang,” tulis Presiden Jokowi dalam akun Instagramnya, Selasa (24/12).

 

 



View this post on Instagram

 

755 peserta dari Indonesia dan luar negeri, 292 karya, lima finalis desain ibu kota negara yang cerdas, hijau, indah, modern dan berkelanjutan. Begitu besar antusiasme para desainer dan arsitek untuk ikut mengambil bagian dalam rancang bangun ibu kota negara Indonesia yang baru. Kemarin, pemenangnya telah diputuskan. Desain bertema “Nagara Rimba Nusa” oleh Urban+ terpilih sebagai pemenang pertama sayembara. Sebagai juara kedua adalah desain “The Infinite City”, dan “Kota Seribu Galur” sebagai juara ketiga. Dua finalis lain juga mendapatkan gelar juara harapan I dan harapan II. Dengan terpilihnya para pemenang sayembara desain ibu kota negara, kita telah memiliki bayangan tentang bagaimana rupa ibu kota kita sekian tahun mendatang. Kita akan memulai suatu pekerjaan besar dan mengawali sejarah yaitu memindahkan ibu kota negara Republik Indonesia. Terima kasih kepada seluruh peserta sayembara dan selamat kepada para pemenang.

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on


Kata Jokowi, Indonesia akan memulai suatu pekerjaan besar dan mengawali sejarahnya yaitu memindahkan ibu kota negara Republik Indonesia. Ibu kota baru nanti terletak di antara Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dan Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Dalam foto desain “Nagara Rimba Nusa,” terlihat ada beberapa tempat menarik yang dibuat Urban+ seperti Istana Indonesia Raya yang bentuknya atap yang unik menunjukkan refleksi Bhinneka Tunggal. Ini akan menjadi Istana Negara.

 

Desain Nagara Rimba Nusa yang memenangkan Sayembara Desain Ibu Kota Baru. (Foto: Kumparan.com/Resya Firmansyah)

 

Selain Istana Indonesia Raya, akan dibangun juga gedung untuk eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Urban+ memberinya nama Sumbu Tri Praja yang menggambarkan jati diri bangsa yakni Indonesia Sentris.

Ada juga Plaza Bhinneka Tunggal Ika yang dibuat dengan konsep merayakan keberagaman budaya setiap provinsi. Plaza ini akan menjadi ruang sosial dan edukasi warga dan pengunjung.

 

Desain Nagara Rimba Nusa yang memenangkan Sayembara Desain Ibu Kota Baru. (Foto: Kumparan.com/Resya Firmansyah)

 

Tempat terbuka lainnya adalah Danau Pancasila. Kelima sila yang ada bakal direfleksikan pada lima bangunan di sekitar danau. Ada juga Galeri Nasional, Kompleks Keagamaan, Sumbu Kebangsaan, dan Konektor antar-Kementerian. Tak lupa ada juga pelabuhan dan marine coastalpoos.

Selain ketiga pemenang utama, dua finalis lainnya mendapatkan gelar juara harapan I dan harapan II. Total desain yang masuk mencapai 292 karya dari 755 peserta dalam dan luar negeri.

Presiden Jokowi mengucapkan terima kasih terhadap besarnya antusias masyarakat mengikuti lomba ini dan mengambil bagian dalam rancangan bangun ibu kota baru.

“Terima kasih kepada seluruh peserta sayembara dan selamat kepada para pemenang,” ucapnya.

 

 

 


Sumber: KUMPARAN.COM/Dewi Rachmat Kusuma


 


Memuat...